The ICE BREAKER!

Tanpanya, sebuah seminar atau training akan terasa seperti bongkahan balok es di dalam sebuah depot.

Sebagai orang pertama yang tiba di ruangan training, suasana dingin, sepi, dan kaku tanpa permisi langsung menyergap segenap rasa dan tubuh. Padahal acara seminar atau training pun belum sepenuhnya dimulai. Tak ada sapa hangat di antara sesama peserta, yang ada hanya sepercik senyum basa-basi agar dianggap ‘tak judes’!

 

Tiba-tiba dari arah pintu masuk ruangan, muncullah seseorang yang memegang mikrofon sambil senyum dan menyapa kami semua di ruangan sunyi itu.

 

“Haloo… selamat pagi semuanya.. apa kabar Anda semua pagi ini? Sehat semua? Sebelum kita mulai trainingnya, gimana kalau Bapak dan Ibu semua yang ada di ruangan ini tersenyum dulu… bla.. bla..”

Tanpa meminta jawaban dari peserta dari pertanyaannya, ia terus saja nyerocos, ngoceh sendiri sampai akhirnya meminta peserta untuk melakukan aktivitas wajah yang mudah diikuti. SENYUM!

 

dok.pribadi

Dalam sebuah pertemuan, meeting, training, atau seminar, atau bahkan aktifitas luar sekalipun, orang yang muncul di bagian paling, paling, paling awal sebuah acara sering disebut ICE BREAKER.

Banyak istilah dan sebutan untuk si Ice Breaker ini. Ada yang menyebutnya si ‘Pemecah Es’, si ‘Energizer’, atau si ‘Refocus’, dan sebagainya. Apapun sebutan dan istilahnya, dia memang sebagai si pengalih suasana dan situasi yang kaku, dingin, mengantuk, dan membosankan menjadi lebih hangat, semarak dan semangat.

 

Seringkali, kehadiran si ice breaker ini begitu signifikan terhadap kesuksesan dan tercapainya sebuah pelatihan. Kehadirannya pun bisa diindikasikan sebagai penentu kesuksesan di hari-hari berikutnya.

 

Jadi, keberadaan dan kehadirannya tak boleh diremehkan, ya. Lagi pula, tak semua orang lho mampu dan bisa menjadi seorang ice breaker  yang disukai oleh audience-nya. Butuh keterampilan bicara, kemampuan untuk berpikir positif, dan terlihat  ‘fun’, dan ramah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*